Intel Ungkap Teknologi Manajemen Daya Prosesor “Haswell” Mendatang

Intel mengumumkan beberapa peningkatan manajemen daya prosesor Intel Core generasi keempat mereka yang akan segera hadir. Chip anyar tersebut diklaim mampu mengurangi daya hingga 20 kali lipat saat keadaan idle berkat teknologi optimisasi daya terbaru serta penyempurnaan transistor Tri-Gate 22 nm.

Di IDF 2011, peneliti Intel memamerkan prototipe prosesor “Haswell” x86.

Intel menerapkan pendekatan dua-cabang untuk mengurangi konsumsi daya lantaran ia mampu menangani penggunaan daya saat keadaan aktif maupun idle. Dengan menggunakan rangkaian sirkuit berdaya rendah, konsumsi daya aktif akan meningkatkan ketahanan baterai. Mengenai daya saat idle, status daya rendah Haswell (C8, C9 dan C10) dilakukan oleh integrasi on-die pengatur tegangan, bernama Fully Integrated Voltage Regulator (FIVR), per inti CPU. Hal tersebut memungkinkan status penghentian daya yang lebih “agresif” guna menghemat baterai. FIVR juga menyebabkan bentuk chip tersebut lebih ramping karena integrasi pengatur tegangannya yang tidak memakan tempat di motherboard.

Intel juga membeberkan penyempurnaan transistor 3D Tri-gate mereka dengan cara mengurangi kebocoran arus dua atau tiga kali lipat dibanding dengan generasi prosesor Intel Core “Ive Bridge” terdahulu. Hal tersebut menyebabkan transistor yang bertegangan rendah, namun masih mempertahankan kemampuan frekuensi yang sama. Walau transistor yang telah disempurnakan tersebut memiliki tegangan operasi yang sama, secara keseluruhan prosesor tersebut beropesasi pada tegangan rendah karena adanya optimalisasi proses sirkuit. Intel menegaskan bahwa SKU (Stock Keeping Unit) prosesor Haswell tertentu hanya berdaya 7 Watt – setengah TDP (Thermal Design Power) dari kebanyakan chip Ivy Bridge bertegangan ultra rendah saat ini.

Dilatarbelakangi oleh upaya kolaborasi Intel dengan tim desain chip dan teknologi proses, hasilnya adalah fitur pengelolaan daya prosesor Haswell. Para pengguna akan menikmati perangkat bentuk baru dengan respon yang baik serta ketahanan baterai luar biasa hingga 9 jam dalam menikmati konten HD dengan sekali pengisian baterai. (Intel menegaskan bahwa notebook berbasis Hawell akan bertahan hingga menonton 3 film Bollywood secara terus-menerus, yang biasanya berdurasi masing-masing tiga jam, artinya daya tahan baterainya berkemungkinan bertahan hingga 9 jam).

Untuk pengalaman AV, para pengguna juga akan merasa puas lantaran Haswell bakal terintegrasi dengan tiga engine grafis terbaru, masing-masing menyajikan tingkat performa grafis berbeda. Namun, tidak semua prosesor Haswell bakal mengusung inti grafis terintegrasi baru. Peringatan baru untuk para pengguna mengenai fitur siaga terkoneksi prosesor Haswell. Intel menegaskan bahwa generasi keempat prosesor Intel Core sudah mendukung siaga terkoneksi, namun mitra Intel bebas memutuskan apakah perangkat berbasis Hawell terbaru akan benar-benar mendukungnya. Oleh karena itu, para pengguna sangat disarankan untuk mempelajari spesifikasi perangkatnya terlebih dahulu sebelum membeli chip Intel Core generasi terbaru untuk menikmati fitur menariknya.

Sumber: Intel.

Leave a comment

No comments yet.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a comment