Peneliti Stanford Sukses Membuat Komputer Carbon Nanotube

Tim peneliti Stanford pamerkan komputer yang terbuat dari transistor carbon nanotube (CNT). Tabung-tabung mungil tersebut sebenarnya adalah karbon yang memiliki kemampuan On-Off sangat baik. Upaya tersebut menunjukkan bahwa chip CNT bisa menggantikan chip berbasiskan silikon di masa depan.

Max Shulaker, mahasiswa lulusan Universitas Standford, sebagai pimpinan tim peneliti yang membuat komputer carbon nanotube. (Sumber gambar: New York Times)

Karya tersebut dianggap sebagai gebrakan karena teknologi carbon nanotube dipandang sebagai cara untuk mengatasi keterbatasan silikon secara fisika. Menurut hukum Moore, jumlah transistor yang diletakkan pada papan sirkuit bisa digandakan setiap dua tahun. Meski demikian, chip silikon yang kian tipis menimbulkan dua masalah utama; panas dan kebocoran elektron. Masalah tersebut tidak memungkinkan peningkatan dalam proses pabrikasi sehingga menghentikan hukum Moore.

Carbon nanotube (CNT) pada dasarnya adalah sekelompok molekul karbon berbentuk silinder yang memiliki kemampuan On-Off sangat baik. Kemampuan tersebut sangatlah penting dimiliki transistor. Berkat ukurannya yang berskala nano, carbon nanotube bisa dikemas dalam satu chip tunggal. Para peneliti Stanford mampu mengonstruksi komputer menggunakan chip tersebut dan bisa berfungsi saat menjalankan sistem operasi multitasking.

Pada saat yang sama, chip tersebut mampu memroses instruksi MIPS komersial sederhana. Kemampuan tersebut membuktikan klaim peneliti bahwa komputer tersebut bisa ditingkatkan untuk penggunaan komersial di masa depan. Menurut New York Times, Standford Robust Systems Group telah mencapai banyak kemajuan dalam 18 bulan, mulai dari “membuat transistor carbon nanotube satu per satu” hingga memamerkan “komputer utuh terbuat dari 142 transistor rendah daya” minggu lalu. Visi nanocomputing milik kelompok peneliti ini segaris dengan pemikiran fisikawan Michio Kaku saat mengatakan bahwa komputer molekuler merupakan teknologi masa depan.

Sumber: New York Times

Leave a comment

No comments yet.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a comment